Selasa, 04 Juli 2023

Tak Sadar Diri..!!! Anggota Panwascam Padang Bolak yang bermasalah Ambisi Menjadi Komisioner Bawaslu Palutaertyu


PADANG LAWAS UTARA,- Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara kembali ramai membahas calon anggota/komisioner Bawaslu Paluta terkhususnya dikalangan Mahasiswa dan Pemuda.Senin (3 Juli 2023).


Di salah satu warung kopi di Gunung Tua beberapa Mahasiswa dan Pemuda ramai membicarakan terkait Perekrutan Anggota/Komisioner Bawaslu Paluta. Pasalnya di beberapa waktu belakangan ini Kab. Padang Lawas Utara di hebohkan dengan Permasalahan Perekrutan Panwascam dan PKD di Kab. Padang Lawas Utara, mulai dari adanya 2 Kali Pengumuman Pemenang PKD, Penentangan Intruksi Ketua Bawaslu Oleh Penwascam se-Kab. Padang Lawas Utara.


Tak hanya sampai disitu Mahasiswa dan Pemuda juga menanyakan bagaimana tindak lanjut dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar oleh DPRD Kab. Padang Lawas Utara kemaren, adapun hasil RDP tersebut merupakan Rekomendasi dari DPRD Kab. Padang Lawas Utara. Adapun poin dalam Rekomendasi tersebut antara lain:

1. Meninjau Ulang Surat Keputusan Penetapan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kab. Padang Lawas Utara.

2. Apabila Ada Pelamar dari Desa Yang Bersangkutan Yang Lulus Administrasi, Maka Pelamar Tersebut  Diprioritaskan Menjadi Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di Desa Tersebut.

3. Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Yang Bermasalah Agar Diberikan Sanksi Yang Tegas 

4. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas Utara Segera Memeriksa Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Padang Lawas Utara.

5. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas Utara memeriksa Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Yang Diduga Melanggar Kode Etik Dalam Perekrutan PKD Seperti Money Politic Ataupun Pungutan Liar (PUNGLI).

6.  Komisi A DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara Akan Melakukan Konsultasi dan Koordinasi Ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) RI Di Jakarta.


"Bukannya sadar diri ehh malah mencalonkan diri untuk jadi anggota Bawaslu Paluta, mudah-mudahan Tim Seleksi Anggota Bawaslu untuk Paluta ini tidak tutup mata tentang permasalahan yang lewat-lewat, dan jika memang masih lolos berarti sudah tidak beres lagi itu, Ujar Roni Harahap.


DPRD Kab. Padang Lawas Utara sudah selayaknya memberikan rekomendasi ke Tim Seleksi Bawaslu Kab/Kota Zona VI SUMUT agar nama-nama yang diduga terlibat permasalahan Perekrutan PKD se-Kab. Padang Lawas Utara. Sambung Iwan Siregar.*(SS)

Previous Post
Next Post