Minggu, 31 Maret 2024

Syarif Husin Harahap SH.MM Kabid SD Tapsel: Peserta Sanlat Membludak, Antusias OrangTua dan Kepsek Begitu Tinggi


TAPANULI SELATAN,-- Memeriahkan bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M, Oleh Dinas Pendidikan Kab. Tapanuli Selatan yang di inisiasi oleh Kabid Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Syarif Husin Harahap SH. MM, dan diketahui oleh Kadis Pendidikan Arman Pasaribu di selenggarakan Pesantren Kilat (Sanlat) di tingkat Sekolah Dasar se-kab.Tapanuli Selatan.


Bertempat di SD Islam Terpadu Bina Insani, yang terletak di Desa Sialago, Kec. Angkola Barat, Kab. Tapsel kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 26 Maret - 1 April 2024.


Sanlat tersebut, kata Kabid Syarif Husin Harahap SH MM, telah diikuti oleh peserta sebanyak 333 orang siswa Se-Kab.Tapsel yang diutus oleh masing - masing Sekolah SD sebanyak  2(dua) orang peserta SD dan duduk di Kelas 4,5 dan 6 sekolah dasar. 


Kegiatan itu terbagi dalam 3 zonasi waktu, dimulai zona pertama pada hari Selasa, 26 - 28 Maret  2024 di ikuti dari SD Kec. Angkola Barat, Kec. Marancar, Kec. Muara Batangtoru, Kec. Batang toru, dan Kec. Sangkunur, dengan jumlah peserta sebanyak 125 orang.


Untuk zona kedua dilakukan pada tanggal 28 - 30 Maret 2024 diikuti oleh SD, Kec. Angkola Timur, Kec. Sipirok, Kec. Arse, Kec. Saipar Dolok Hole dan Kec. Aek bilah dengan peserta 90 orang.


Terakhir Zona 3 dan juga sekaligus menjadi penutupan berakhirnya kegiatan Sanlat Ramadhan tersebut pada tanggal 1 April nanti diikuti  oleh Kec.Angkola Selatan,Kec. Batang Angkola, Kec. Muara Tais, Kec. Sayur Matinggi dan Kec. Tantom dengan jumlah peserta 118 Orang.


"Jadi kenapa kita bagi dalam 3 zonasi waktu pelaksanaan Pesantren kilat ini, lantaran kalau serentak sekaligus dengan jumlah siswa yang ikut sebanyak 333 peserta itu tidak terakomodir, dan satu lagi fasilitas yang kita gunakan juga kurang memadai.


" Animo" orang tua murid dan kepsek se-kab.tapsel sangat begitu tinggi sehingga peserta pesantren kilat membludak sedemikian antusiasnya," Terang Syarif ketika ditemui di SD IT Bina Insani, Sabtu (30/3/2023).


Dijelaskan, Kabid SD Syarif Husin Harahap SH. MM, tujuan kegiatan tersebut merupakan instrumen dalam mendidik Anak - anak di tingkat SD dan membina perilaku dan membentuk karakter serta membangun moral generasi anak-anak di masa depan.

 

Kegiatan itu pun, kata Kabid SD Syarif bukan datang dari ide saya saja melainkan ide tersebut dari bapak Bupati Tapanuli Selatan, H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, saya hanya menjalankan kegiatan sampai selesai dan sementara Bupati Tapsel  memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan pesantren kilat, Bupati Tapsel dengan rasa kecintaan terhadap anak-anak generasi bangsa khususnya anak-anak Kab. Tapsel memberikan bantuan kepada anak-anak yang mengikuti pesantren kilat dan diserahkan oleh kabid SD Syarif Husin Harahap SH.MM yaitu Kitab Suci Al Qur'an dan Juz A'mma kepada peserta Sanlat.


"Kegiatan Sanlat yang didukung Pak Bupati H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu dengan memberikan bantuan  berupa Al Qur'an dan Juz Amma nantinya akan digunakan oleh peserta pesantren kilat, anak - anak peserta Sanlat kita ini dapat mempergunakan sebaik baiknya dan juga diamalkan dan membaca nilai isi Al Qur'an itu sendiri, yang merupakan petunjuk atau pedoman dalam kehidupan bagi kita," sebut Syarif.


Adapun materi daripada kegiatan sanlat yang diikuti peserta diantaranya tilawah mandiri, kultum Sore menjelang berbuka, Tadarus, kebersihan lingkungan tempat sanlat,  shalat berjama'ah dan hafalan ayat - ayat pendek, Dll.*(AIS)

Previous Post
Next Post