Kamis, 23 November 2023

PPS se-Kab.Padang Lawas Mengeluh Terkait Besarnya Potongan Operasional Oleh PPK Untuk KPU Palas


MEDAN,- Lembaga Kajian Pemuda Mahasiswa Sumatera Utara (LKPM-SUMUT) melakukan aksi unjuk rasa (UNRAS) damai di depan kantor KEJATI SUMUT pada hari Rabu,22 November 2023, terkait dugaan KPU Kab.Padang Lawas melakukan "Pungli ( Pungutan Liar)".


Di Depan kantor KEJATI-SUMUT dalam orasi LKPM-SUMUT menyebutkan bahwa dugaan pungli tersebut bila dilakukan oleh para oknum-oknum nakal, negara wajib memberantas para pelaku dan kita harus bersama-sama juga melawan pelaku pungli, khususnya di Kab.Padang Lawas bila terjadi perbuatan pungli maka penegak hukum wajib mengusut tuntas sampai keakar-akarnya.


Kita melihat beberapa waktu yang lalu salah satu anggota Bawaslu medan tertangkap OTT disalah satu hotel di medan dan diduga anggota tersebut melakukan pemerasan kepada salah satu caleg, kejadian pemerasan tersebut tidak menutup kemungkinan masih ada di daerah beberapa kab/kota, dengan metode berbagai cara, khususnya di Kab.Padang lawas, kami menduga kuat bahwa KPU Padang Lawas melakukan pungli terhadap PPS se-Kab. Padang lawas.


Kami juga Mendesak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara agar memanggil dan memeriksa Perusahaan Percetakan, terkait Pembelanjaan ATK Operasional PPS yang juga kami duga syarat dengan memanipulasi data.


LKPM SUMUT sudah melakukan investigasi di lapangan, banyak informasi yang kami dapat bahwa PPS  Kab.Padang Lawas mengeluh terkait besarnya potongan operasional  yang dilakukan oleh PPK kepada seluruh PPS se-kab.Padanglawas.


Koordinator aksi juga menyebutkan dalam aksi, agar APH (aparat penegak hukum) agar mengusut tuntas dugaan pungli yang dilakukan seluruh PPK dan KPU di Kabupaten Padang Lawas.


Di Tengah aksi tersebut pihak dari KEJATI-SUMUT menanggapi UNRAS LKPM-SUMUT dan ditanggapi oleh ibu J.Sinaga dengan menyampaikan ucapan terimakasih atas informasi dari aksi UNRAS adek-adek tersebut, kita harus apresiasi kepada mahasiswa yang selalu siap menyuarakan kebenaran, selanjutnya beliau menyampaikan bahwa tuntutan adik-adik mahasiswa akan disampaikan kepada pimpinan, dan akan segera ditindak lanjuti dan akan memanggil PPS se-Kab Padang Lawas atas dugaan adik-adik Mahasiswa tersebut, Beliau juga mengarahkan pengunjuk rasa untuk membuat laporan resmi ke PTSP KEJATI-SUMUT untuk lebih memudahkan proses tindak lanjut kedepan atas apa yang sudah disampaikan oleh adik-adik mahasiswa dari LKPM.*(AIS)

Previous Post
Next Post